Selasa, 12 November 2013

Who will hire you Jobseekers ? (experience career day ecc ugm 14 )

haloo everyone ;) pengen cerita sedikit tentang Pengalaman kemarin berpartisipasi dalam carrier days ugm ke 14 , well sebenarnya datang ke acara yang diadakan oleh ECC UGM ini cuma untuk lihat-lihat aja sih :D FYI Career days itu semacam pameran bursa kerja atau biasa kita sebut job fair. Dalam job fair itu ada berbagai macam perusahaan yang sedang open vacancies buat para jobseeker yang membutuhkan pekerjaan.

Pagi itu tepatnya tanggal 9 November 2013 di JEC (Jogja Expo Center) beribu - ribu Jobseeker telah memadati lantai terluar dari gedung JEC. semua sudah bersiap untuk menanti perusahaan yang akan meng-hire mereka nanti :D tapi sebelum itu mereka harus bersaing dengan para jobseeker lainya, memang tidak mudah  jadi jobseeker selain harus kuat fisik untuk mengikuti serangkaian test yang di berikan oleh perusahaan, mereka juga harus kuat secara mental saat menghadapi kenyataan pahit bahwa the position that they've applied didn't match with their competency a.k.a di tolaak :/ hihihi tapi hal itu merupakan sesuatu yang lumrah terjadi sebelum kita mendapatkan posisi yang cocok ;) Semisal buat kalian yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat bisa applay jalur Manajerial MT( Manajemen Trainer) yakni suatu program dari perusahaan untuk men-develop karyawanya yang dipersiapkan dalam jenjang Manajer. Istilahnya sih jalur paling experss buat sampai puncak karir daripada jalur lainya :D dan biasanya untuk devisi MT ini open untuk all major, jadi jgn khawatir ya untuk yang punya jurusan unfamiliar :p kmu tetep bisa apply kok.hehehe Nah untuk para Jobseeker yang lebih suka kerja di belakang layar atau yang susah buat ktemu org baru atau yang punya sifat pendiam, kalian cocok untuk aplay devisi staff karena disini mgkin pekerjaan sifatnya back office dan tidak tidak banyak bertemu dengan orang baru :)
Memang tiap posisi memiliki kualifikasi yang berbeda beda :) Kalo kata psikolog dari ECC sendiri bukan berati kita bodoh saat kita tidak diterima pada posisi tertentu tetapi mungkin kompetensi yang kita miliki kurang atau tidak cocok dengan kebutuhan perusahaan. so jangan sedih ya buat jobseeker yang belum di hire sama perusahaan ;)

Ketika melihat booth dari berbagai macam perusahaan, ada satu booth yang menarik perhatianku, booth yang ramai banget di kunjungi para applicans antrinya udah kayak ular, panjaang bgts :/ Yup itu booth nya SchlumberGer. Schlumberger merupakan perusahaan yang menyuplai produk-produk dan service terkait pertambangan minyak, mulai dari menentukan titik pengeboran dan melakukan evaluasi terhadap titik tersebut,menguji secara langsung hasil pengeboran, membuat fasilitas kilang, membuat sistem software dan sistem informasi kilang. kereeen bukaan :D terutama buat kalian yang majoring enginering bisa banget buat apply dan berkesempoatan untuk mengembangkan karir pada perusahaan ini :) selain Schlumberger ada banyak lagi perusahaan yang ada disana berikut akan ku mapingkan dalam beberapa kategori :
   
  1. Perusahaan Retail : adalah suatu perusahaan yang melakukan penjualan dari sejumlah komoditas kepada konsumen. Retail berasal dari bahasa Perancis, diambil dari kata retailer yang berarti “memotong menjadi kecil-kecil. nah contoh dari perusahaan ini adalah seperti Indomaret , Alfamart dan Apotek K-24. 
  2. Perusahaan Manufaktur : adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan bahan baku menjadi bahan jadi. Misalnya perusahaan manufaktur perakitan mobil, rangkaian mobil yang diperoleh dari pemasok dirangkai dan menjadi barang siap pakai. contohnya adalah Astra Motor yakni salah satu anak perusahaan Astra Group.
  3. Perusahaan Oil dan Gas adalah perusahaan alam bidang eksplorasi minyak baik dari hulu maupun ke hilir. sekarang perusahaan ini menjadi yang cukup diminati oleh applicans mungkin karena jenjang karir yang di tawarkan di dalamnya sangat baik. Contohnya adalah PT Pertamina, Chevron dll
  4. Perusahaan Bank dan Pembiayaan (Finance) : Bank adalah suatu badan usaha yang mempunyai fungsi untuk menghimpun dana dari masyarakat dan kemudian untuk disalurkan dalam bentuk pembiayaan. Kemarin saat melihat salah satu booth Bank BCA dan Mandiri terlihat cukup ramai oleh para jobseeker.
  5. Perusahaan FMCG ( Fast Moving Consumer Goods) adalah perusahaan yang memproduksi suatu produk yang memiliki perputaran omset dengan cepat, dan biaya yang relatif rendah. Konsumen umumnya tidak berpikir lama dalam menentukan pilihan pembelian dibandingkan dengan yang mereka lakukan untuk produk lain. Maka dari itu, jenis produk ini sangat sering dibeli oleh konsumen. Contoh dari prusahaan ini adalah Danone, Jhonson and Jhonson yang salah salah satu produknya sudah sangat terkenal yakni baygon dan autan.
 Itu beberapa maping kategori perusahaan, laluu who's company will hire you ? it's depends on You Guys :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar